Lensa Progresif

Mengenal Lensa Progresif, Solusi Lensa Terbaik untuk Rabun Dekat

 Lensa Progresif

Lensa progresif merupakan jenis lensa kacamata yang digunakan untuk penderita presbiopi atau rabun jarak dekat. Jenis lensa ini disebut sebagai progresif karena memang memiliki banyak fokus dan kekuatan yang bervariasi sehingga bisa digunakan untuk melihat pada semua jarak penglihatan. Lensa ini cocok digunakan bagi penderita rabun dekat karena bisa membantu untuk melihat objek dengan jarak dekat, namun juga tidak mengurangi kekuatan untuk melihat objek pada jarak jauh.

Mengapa Harus Lensa Jenis Progresif

Dibandingkan menggunakan lensa kacamata baca biasa, dengan menggunakan lensa progresif maka seseorang tidak perlu repot harus membawa dua kacamata sekaligus. Cukup satu kacamata saja dan masalah penglihatan bisa dibantu dengan optimal. Selain itu, terdapat pula beberapa kelebihan dan kekurangan lensa progresif ini. Kelebihan lensa tersebut antara lain:

  1. Harga lensa progresif akan jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan tindakan operasi LASIK atau menggunakan lensa kontak.
  2. Bisa melindungi mata dengan lebih maksimal, termasuk perlindungan terhadap debu, air, sinar UV dan sinar biru.
  3. Mudah dirawat dibandingkan menggunakan lensa kontak.
  4. Terdapat pilihan lensa dan frame yang bisa menunjang penampilan.

Sementara itu, kekurangan lensa progresif itu sendiri mungkin hanya berfokus pada masalah perawatannya saja. Adaptasi saat menggunakan lensa kacamata ini juga diperlukan. Lensa juga akan mudah rusak atau tergores jika tidak menggunakan lapisan pelindung tambahan.

Baca Juga: Atasi Rabun Dekat dengan Lensa Varilux X Series, Simak Ulasannya Yuk

Lensa Terbaik untuk Penderita Presbiopi

Penderita rabun dekat atau presbiopi paling cocok menggunakan lensa koreksi jenis progresif seperti lensa Varilux X Series dari Essilor. Gradasi ukuran dari lensa ini juga lebih kuat dibandingkan dengan lensa lainnya. Dibandingkan dengan lensa bifokal atau trifokal, lensa progresif juga memiliki lapisan kaca yang lebih mulus sehingga secara estetika akan memberikan penampilan yang lebih baik.

Itulah beberapa keunggulan dari lensa jenis progresif. Lensa koreksi ini juga bisa membantu untuk meningkatkan penglihatan mata dengan melatih daya pandang mata itu sendiri. Adaptasi atau penyesuaian dengan lensa ini  juga tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Kenyamanan untuk menggunakan lensa progresif juga lebih baik dibandingkan dengan memakai jenis lensa lainnya.

Related Posts