Cegah Dinding Retak dengan Semen Mortar 

dinding retak

Apakah anda mendengar penggunaan semen mortar? Mungkin memang masih belum banyak yang mengetahuinya, tapi bagi yang menjadi pekerja di proyek bangunan pasti sudah cukup mengetahuinya. Karena material semen satu ini sudah sering dipakai dalam pembangunan bangunan, mau itu dari kantor, hunian, sampai bangunan komersil yang lainnya.

Mortar acian biasanya akan dipakai setelah dinding sudah selesai diplester, hal ini berguna supaya tembok lebih kuat dan kokoh. Namun, penggunaannya juha tidak dapat sembarangan, karena anda harus melakukannya dengan langkah yang benar supaya dinding tidak mudah retak.

Langkah dalam Pakai Semen Mortar

Dalam memakai mortar acian sendiri memiliki langkah-langkah tepat yang harus agar hasilnya dapat optimal dan bisa mencegah retak di dinding. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan dalam menggunakan semen mortar.

Menghitung berapa banyak Takaran Acian

Pertama-tama tentunya anda perlu untuk mengukur takaran dari bahan untuk acian dengan benar. Terdapat dua bahan yang dapat dipakai ketika dilakukan pencampuran, yaitu ada mortar serta air, keduanya juga mempunyai takarannya tersendiri dan juga harus sesuai. Perbandingan bahan baku yang dipakai dalam pencampuran adalah 2:1, yaitu 2 bagian untuk semen dan 1 bagian untuk air. Akan tetapi, takaran tersebut juga dapat berbeda-beda tergantung merk serta jenis dari material atau penggunaan dari acian yang dipakai.

Mencampurkan Mortar Acian menggunakan Air

Setelahnya anda perlu mencampurkan semua semen mortar yang digunakan dengan air. Sebelumnya anda perlu menyiapkan dahulu wadah besar yang menjadi tempat pengadukan. Masukkan semua bahan ke dalam wadah tersebut, lalu aduklah memakai kayu pengaduk dan mencampurkan kedua bahan sampai rat. Pengadukan juga harus menyeluruh supaya kedua bahan tersebut bisa tercampur sempurna. Setelah pengadukan sudah selesai, anda perlu langsung mengaplikasikannya ke dinding. Karena nantinya jika dibiarkan terlalu lama, maka malah dapat mongering dan tidak dapat dipergunakan dengan optimal.

Memakai Roskam saat Pengaplikasian

Jika Anda ingin mendapat hasil dari pengaplikasian yang lebih baik, apalagi jika memang diperlukan menjadi bahan pengacian dinding, maka anda bisa gunakan roskam. Roskam ini adalah alat yang bisa dipakai untuk merapikan hasil pengacian supaya semen mortar bisa lebih halus, rapi, dan mencegah retak.

Anda juga sebaiknya memakai jenis roskam besi daripada jenis kayu karena hasil dari roskan besi ini dapat lebih presisi sehingga bisa lebih halus lagi dan juga lebih cepat untuk rapi. Nah, mortar utama juga memiliki fungsi utama untuk plester bangunan memperindah dinding.  

Related Posts

Leave a Reply