Gudang di Kerawang

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Gudang

Gudang di Kerawang

Untuk melakukan pemilihan gudang memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Terlebih lagi bila Anda sedang mengembangkan bisnis besar dan menghasilkan barang banyak nantinya. Ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dengan baik, supaya tidak salah beli dan gudang tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. 

Jika Anda tidak ingin salah dalam memilih gudang yang kemudian membuat Anda menyesal di kemudian hari, sebaiknya perhatikan dulu beberapa hal di bawah ini sebelum mendapatkan gudang yang tepat. 

Pertimbangan Lokasi yang Tepat

Pertama yang perlu menjadi pertimbangan yaitu lokasinya harus tepat. Maksudnya, yakni lokasi gudang harus dekat dengan pusat produksinya atau pabrik, seperti gudang di Karawang. Jika gudang dekat dengan pabrik, maka penyimpanan bisa segera dilakukan. Selain itu biaya operasional pun bisa ditekan. 

Selain dekat dengan pabrik, tentu Anda harus mempertimbangkan pula  lokasi gudang yang dekat dengan lokasi pemasarannya. Seperti misalnya lokasi pemasaran ada di kawasan Jawa Barat dan Jakarta, maka usahakan gudang berada di kawasan tersebut, supaya laju distribusi bisa berjalan baik dan tidak terjadi masalah seperti stok habis ketika permintaan sedang tinggi-tingginya. 

Baca juga : Pengertian Inventory, dan Tips Pengelolaannya

Luas Gudang Disesuaikan dengan Kebutuhan

Pastinya untuk luas gudang juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda membutuhkan ruangan yang tak terlalu besar, maka memilih gudang dengan ukuran kecil bisa Anda lakukan. Tetapi, jika Anda memerlukan ukuran gudang yang besar, tentu jangan pernah memilih gudang yang kecil. Maka dari itu, sebelum memilih dan mendapatkan gudang sebaiknya lakukan survei dahulu apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. 

Anda harus memperkirakan dahulu berapa banyak barang yang dihasilkan. Jika terpaksa membeli gudang yang besar, karena pertimbangan lokasi strategi, Anda bisa menggunakan dengan beberapa perusahaan untuk dimanfaatkan dengan baik dan pastinya mendapatkan uang tambahan dari sewa gudang yang dilakukannya. 

Keamanan Terjamin

Di dalam gudang sangat banyak menyimpan barang dan tentu sangat rawan terjadi tindakan pencurian dan kejahatan lainnya. Maka dari itu, disarankan untuk perhatikan betul fasilitas keamanannya sebaik-baiknya. dengan demikian, peluang terjadinya tindak kejahatan tentu sangat rendah. 

Related Posts