Yuk Cari Tahu 2 Jenis Air Aki untuk Mobil

oli mobil

Adapun jenis air aki atau Accu dalam dunia otomotif ini ada 2 jenis. Hal ini dapat dibedakan dalam botol kemasan yang digunakan, yaitu ada yang menggunakan warna merah dan ada yang menggunakan warna biru. Bukan tanpa sebab, namun masing-masing warna mempunyai kandungan dan penggunaan yang berbeda.

Apa itu Air Accu / Aki?

Sebelum membahas tentang aneka jenis air aki, yang ada di pasaran saat ini. Ada baiknya jika Anda mengenal tentang air aki atau Accu itu sendiri, sebelum akhirnya memilih  jenis aki mobil terbaik  untuk digunakan.

Seperti yang selintas dijelaskan di atas, ada 2 warna yang masing-masing mempunyai jenis kandungan dan teknik penggunaan yang berbeda. Salah memilih, tentunya membuat kinerja mesin jadi kurang maksimal.  Itu sebabnya, Anda harus berhati-hati dalam memilih cairan yang akan digunakan.

Jenis-Jenis Air Accu

Kemasan Warna Merah

Kemasan warna merah, disebut pula dengan Accu Zuur. Dianggap cairan berbahaya, karena dapat menimbulkan iritasi ketika terkena pada kulit. Jika terkena pada pakaian, akan membuat lubang. Fungsi air aki yang satu ini adalah untuk pengisian aki pertama kali. Agar sistem pengoperasian kendaraan, jadi lebih baik, karena sifat elektrolitnya yang cukup kuat.

Kemasan Warna Biru

Air aki yang satu ini, memang tidak sepekat dan terlalu berbahaya jika dibanding dengan air aki merah. Jadi air aki ini tergolong aman ketika terkena kulit. Selain itu, cairan ini tidak bersifat korosif, lantaran sifatnya yang murni, dan tanpa kandungan logam di dalamnya. Anda dapat menggunakan cairan tersebut, ketika air aki atau Accu mulai berkurang.

Dari ulasan di atas jelas sudah, bahwa untuk kali pertama Anda menggunakan cairan aki atau Accu, sebaiknya pilih jenis air aki yang warna merah. Sebagai catatan, ketika Anda menggunakan cairan yang satu ini, sebaiknya berhati-hati agar tidak terciprat ke tangan atau kebagian kulit lainnya. Tapi untuk selanjutnya, ketika isi ulang sebaiknya gunakan air aki yang berwarna biru.  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *